Home / Berita Umum / Ahli Komputer Berhasil Lolos Dari Hukuman Seumur Hidup Iran

Ahli Komputer Berhasil Lolos Dari Hukuman Seumur Hidup Iran

Ahli Komputer Berhasil Lolos Dari Hukuman Seumur Hidup Iran – Satu orang penduduk Kanada kelahiran Iran melarikan diri dari Iran seusai dipenjara disana saat 11 tahun serta kembali lagi Kanada.

Saeed Malekpour dijatuhi hukuman penjara seumur hidup atas program pc yg dirancangnya buat mengupload foto-foto yg, menurut otoritas Iran, dimanfaatkan pada beberapa situs porno berbahasa Persia.

Saudaranya menggunggah video di media online yg memberikan kepulangannya ke Kanada pada Jumat waktu lalu.

Ia melarikan diri dari Iran kala dibebaskan dari hukuman penjara waktu pendek.

Potret wanita Iran, sesudah dan sebelum Revolusi Islam 1979
Dilarang masuk stadion, potografer wanita Iran meliput dari atap rumah orang
Terlepas kerudung di muka umum, wanita Iran dijatuhi hukuman penjara
Perkara yg di alami Malekpour sebagai salah-satu dari beberapa perkara penting yg libatkan penduduk Iran dengan dua kewarganegaraan atau penduduk asing yg punyai izin bertempat.

Dalam komentar yg disalurkan oleh kantor berita sah peradilan Iran, Mizan Online, jubir Gholamhossein Esmaili mengemukakan Malekpour tengah ” cuti tiga hari dari penjara ” serta ” dilarang tinggalkan Iran ” .

” Rupanya ia memanfaatkan trik ilegal buat tinggalkan Iran, ” makin Esmaili.

https : //twitter. com/Meriloooo/status/1157470809482383360

Payam Akhavan, profesor hukum internasional yg ikut serta mengatasi perkara ini, mengemukakan terhadap media Kanada : ” Ia sesaat dibebaskan dari penjara di Iran seusai dorongan dari badan-badan hak asasi manusia PBB, serta ia mesti melapor ke otoritas penjara .

” Namun ia jadi tinggalkan negara itu serta datang ke Kanada lewat negara ke-tiga. “

Saudara wanita Malekpour mengupload videonya di social media disaat ia datang di Kanada.

” Mimpi tidak baik selanjutnya selesai. Ia kembali lagi rumah serta bersua kembali dengan saudara perempuannya. Terima kasih Kanada, ” tulisnya.

Malekpour tak berikan detail terkait keadaan kala kepulangannya.

Perancang situs online ini diamankan pada Oktober 2008 disaat mendatangi ayahnya, yg kesehatannya tambah buruk, di Iran.

Ia berasumsi kalau program yg dia bikin yaitu open source serta itu dimanfaatkan oleh situs website lain tiada sepengetahuannya.

Ia mulainya dijatuhi hukuman mati, lantaran ” sebarkan perbuatan koruptif di muka bumi ” . Hukuman ini setelah itu di ubah berubah menjadi penjara seumur hidup, seusai ia diadukan ” bertobat ” .

Saat dipenjara, Malekpour disiksa dengan cara fisik serta psikis. Ia pun memakan lebih dari 1 tahun di sel isolasi, menurut Amnesty International.

About penulis77