Home / Berita Umum / Akan Ada Dampak Di Hari Tanpa Bayangan

Akan Ada Dampak Di Hari Tanpa Bayangan

Lebih kurang dua minggu sekali lagi, lokasi Indonesia dapat alami kenyataan alam bernama hari tanpa ada bayangan. Kenyataan hari tidak bayangan ini berlangsung bersamaan dengan Matahari ada pas diatas ekuator atau khatulistiwa pada 21 Maret 2018.

Pada tengah hari lepas itu, Matahari nyaris pas diatas kepala. Sekarang ini, tugu atau objek yg berdiri tegak di ekuator dapat terlihat nyaris tdk miliki bayangan.

Meski kenyataan alam ini diberi nama hari tanpa ada bayangan, pohon lebat tetaplah dapat miliki bayangan. Diluar itu sebelumnya serta sesudah tengah hari tugu dapat kembali punya bayangan.

Peneliti Pusat Sains Antariksa Instansi Penerbangan serta Antariksa Nasional (LAPAN) , Rhorom Priyatikanto, diambil Kamis 15 Maret 2018, memaparkan akibat dari kenyataan hari tanpa ada bayangan kelak.

Pertama, karna Matahari melintas pas diatas kepala, jadi resikonya Matahari dapat jadi lebih terik 9 % dibandingkan pas solstice. Untuk di ketahui, solstice adalah kejadian pas Matahari ada di titik paling utara serta paling selatan. Solstice menandai puncak musim panas atau musim dingin.

Puncak musim panas berlangsung sekitaran 22 Juni, sedang puncak musim dingin berlangsung sekitaran 22 Desember.

Akibat ke-2, kata Rhorom, tak ada perubahan percepatan atau jenis gravitasi Bumi atau Matahari. Setelah itu, akibat ke-3 dari hari tanpa ada bayangan ialah mulai berlangsung perubahan musim di lokasi Indonesia.

Pada hari tidak bayangan 21 Maret 2018, LAPAN dapat terlibat dalam Festival Hari Tidak Bayangan di Kota Pontianak, Kalimantan Barat. Festival itu dapat berjalan sampai 23 Maret 2018. LAPAN dapat menghidangkan pertunjukan planetarium mini, pameran, serta ceramah edukasi.

About admin