Home / Berita Umum / Ganggu Doa, Bocah 9 Tahun di Thailand Tewas Dipukuli Biksu

Ganggu Doa, Bocah 9 Tahun di Thailand Tewas Dipukuli Biksu

Ganggu Doa, Bocah 9 Tahun di Thailand Tewas Dipukuli Biksu – Seseorang bocah berumur 9 tahun di Thailand meninggal dunia selesai dipukuli seseorang biksu. Pemukulan dilaksanakan selesai bocah itu mengganggu session doa yg tengah diselenggarakan di kuil.

Jumat (24/8/2018), biksu bernama Suphachai Suthiyano (64) tak dapat membendung amarah bocah bernama Wattanapol Sisawad itu mengganggu jalannya session doa, di akhir minggu waktu lalu. Sisawad mengganggu perayaan yg berjalan dengan perilakunya yg suka bermain.

Sisawad adalah satu diantaranya murid biksu di kuil yg berada di lokasi Kanchanaburi, yg berjarak dua jam perjalanan dari Bangkok itu.

Biksu Suthiyano memukuli Sisaward dengan tongkat bambu didalam kuil itu. Sisaward dipukuli di sisi punggung sekian kali, sebelum kepalanya dibenturkan ke tiang.

Gara-gara tindak kekerasan itu, Sisawad jatuh koma serta mesti dirawat didalam rumah sakit ditempat. Diucapkan seseorang pegawai rumah sakit di Propinsi Kanchanaburi pada AFP kalau Sisawad wafat pada Kamis (23/8) malam waktu ditempat.

Berkaitan masalah ini, Suthiyano sudah diamankan serta dicopot dari gelarnya menjadi biksu pada Minggu (19/8) waktu lalu. Minggu ini, Suthiyano dijaring tuduhan penyerangan. Dalam pengakuannya, petinggi kepolisian ditempat, Amnaj Chunbult, mengatakan tuduhan pada Suthiyano dapat direvisi jadi tuduhan ‘penyerangan berakhir kematian’.

Ibunda Sisawad, Sukunya Tunhim mengatakan dianya sendiri ‘tidak dapat memaafkan’ Suthiyano.

Dengan terpisah, seseorang petinggi Institut Forensik Medis pada Kepolisian Nasional Thailand mengonfirmasi kalau autopsi sudah dilaksanakan pada jenazah Sisawad. Keluarga bocah itu juga sudah ambil jenazahnya.

Kepercayaan Buddha sangatlah dekat dengan kehidupan sesehari masyarakat Thailand. Termasuk lumrah buat masyarakat ditempat, termasuk juga anak-anak, untuk habiskan waktu di kuil menjadi biksu pemula.

About admin