Home / Berita Umum / Pacitan Sedang Dilanda Penyakit Hepatitis A

Pacitan Sedang Dilanda Penyakit Hepatitis A

Pacitan Sedang Dilanda Penyakit Hepatitis A – Wabah Hepatitis A di Kabupaten Pacitan terus meluas. Dinas Kesehatan mencatat angka pasien capai 824 orang.

Pasien paling banyak ada di Kecamatan Sudimoro, ialah capai 481 orang. Setelah itu di Puskesmas Ngadirojo dengan banyaknya pasien 137 orang.

Di barisan ke-tiga ada Puskesmas Sukorejo dengan 78 pasien, diikuti Tulakan sejumlah 58 pasien. Setelah itu dari Puskesmas Wonokarto diadukan ada 37 pasien.

Dan buat Puskesmas Bubakan yg ada di lokasi Kecamatan Tulakan, banyaknya pasien tersebut 17 orang. Lonjakan malahan berlangsung di lokasi Arjosari. Angka teranyar capai 11 pasien. Walaupun sebenarnya satu hari awal mulanya cuma 2 pasien.

Dan di lokasi Puskesmas Tegalombo diketemukan 4 pasien. Ada di barisan paling akhir yaitu hasil di Puskesmas Ketrowonojoyo, Kecamatan Kebonagung sejumlah 1 pasien.

” Hingga sekarang (pasien) yg dirawat di puskesmas ataupun rumah sakit sejumlah 80 orang, ” kata dr Eko Badiono, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Pacitan kala dijumpai detikcom di kantornya, Jl Satsuit Tubun, Kamis (27/6/2019) sore.

Selesai pemastian status KLB, lanjut Eko, perlakuan perkara Hepatitis A di Pacitan terus diintensifkan. Banyak pasien yg dirawat bikin petugas puskesmas kepayahan. Dinas Kesehatan terpaksa sekali melaksanakan pengerahan tenaga kesehatan dari puskesmas lain.

” Beberapa hari menjaga sampai mereka (petugas puskesmas) kepayahan. Ini mereka dibantu oleh tenaga dari lain puskesmas. Itu begitu subtansial mendukung, ” ujarnya.

Di lain bagian, Eko menilainya andil penduduk begitu besar dalam menghimpit penebaran penyakit gara-gara virus itu. Menyalip umumnya pemasyarakatan oleh petugas promo kesehatan, kesadaran penduduk melapor tambah bertambah kala merasa tersangka pasien baru.

” (Kabar) kita tangkap sedini mungkin biar berubah menjadi data yg kita kaji serta kita olah, ” katanya berkenaan serangan wabah yg udah terjadi hampir 2 minggu.

About penulis77