Home / Berita Umum / Peringati World Clean Up Day, Warga Purworejo Pungut Sampah Ramai-ramai

Peringati World Clean Up Day, Warga Purworejo Pungut Sampah Ramai-ramai

Peringati World Clean Up Day, Warga Purworejo Pungut Sampah Ramai-ramai – Peringati World Clean Up Day atau hari kebersihan dunia, masyarakat Purworejo, Jawa Tengah pungut sampah ramai-ramai. Sampah yang terkumpul lalu akan didaur lagi jadi barang lainnya yang berguna.

Beberapa ribu masyarakat Purworejo yang terbagi dalam siswa siswi sekolah, mahasiswa, seniman, pemerhati lingkungan, lembaga pemerintah, TNI, Polri sampai komune ibu-ibu ramai-ramai memungut sampah pada Sabtu (15/9/2018). Mengenai type sampah yang diangkut ialah sampah plastik, kertas serta kaleng.

Hal itu dikerjakan untuk memperingati World Clean Up Day atau hari kebersihan dunia. Di Purworejo sendiri, acara bersih sampah itu dikemas dengan judul ‘Purworejo Gumregah Ngresiki Sampah’.

“Atas nama pemerintah daerah, saya mengemukakan terima kasih serta animo yang tinggi atas dilaksanakannya pekerjaan World Clean Up Day. Mudah-mudahan pekerjaan ini dapat jadi momen untuk tingkatkan kepedulian masyarakatr pada masalah persampahan, hingga kebersihan lingkungan yang kita idam-idamkan dapat terwujud,” kata Sekda Kabupaten Purworejo, Said Romadhon di sela-sela acara, Sabtu (15/9/2018).

Said memberikan, di Kabupaten Purworejo, jumlahnya sampah yang dibuat penduduk sehari-harinya sampai beberapa ratus ton. Di lokasi perkotaan saja, sampah yang dapat diangkut ke tempat pembuangan akhir, sehari-harinya rata-rata sampai 350 ton.

“Belum juga di daerah pinggir atau pedesaan, yang beberapa salah satunya dapat diakukan sendiri oleh penduduk, sebab masih tetap terdapatnya tempat untuk menumpuk,” lanjutnya.

“Pengelolaan sampah dikerjakan dengan pendekatan yang mendalam hingga setelah dipakai jadi sampah yang lalu dikembalikan dengan aman ke media lingkungan. Ide ini biasa dimaksud dengan 3 R yakni Reduce (Pengurangan), Reuse (Pemakaian kembali), Recycle (Pendaurulangan),” tambah Said.

Dalam pekerjaan pungut sampah serempak ini, masyarakat Purworejo di 16 kecamatan dengan massive berjalan memungut sampah yang berada di daerahnya. Untuk di daerah perkotaan, sampah disatukan di samping utara alun-alun kota depan pendopo kabupaten.

“Yang terkumpul di perkotaan saja barusan ada 383 kg, belumlah yang di kecamatan-kecamatan lainnya,” tukasnya.

Uniknya, pengambilan sampah di semasing titik di pimpin oleh punggawa yang kenakan baju dari sampah. Salah satunya pemungut sampah, Japar Nugroho (45) mengharap supaya kebersihan Purworejo dapat tetap terbangun.

About admin