Home / internasional / Topan Super Mangkhut Terjang Filipina dengan Kecepatan 200 Km/Jam

Topan Super Mangkhut Terjang Filipina dengan Kecepatan 200 Km/Jam

Topan Super Mangkhut Terjang Filipina dengan Kecepatan 200 Km/Jam – Topan super Mangkhut menerjang lokasi Filipina sisi utara dengan membawa angin berkecepatan 200 km. /jam. Topan ini menyebabkan rusaknya pada beberapa gedung, menerbangkan atap bangunan, serta akan memutus jaringan komunikasi juga akses ke listrik.

Sabtu (15/9/2018), topan Mangkhut dikatakan sebagai topan terkuat yang menerjang Filipina selama tahun ini. Didapati jika tiap-tiap tahunnya, Filipina diterjang seputar 20 topan serta badai yang seringkali menyebabkan rusaknya juga korban jiwa.

Dilaporkan otoritas ditempat jika topan Mangkhut yang masuk kelompok 5 mulai menerjang Propinsi Cagayan pada Sabtu (15/9) pagi waktu ditempat. Topan ini membawa angin kencang serta menyebabkan hujan lebat di semua lokasi Pulau Luzon, pulau paling besar serta sangat padat di Filipina.

Selama ini belumlah ada laporan korban jiwa karena terjangan topan Mangkhut. Otoritas penanggulangan bencana ditempat belumlah tuntas menaksir besarnya rusaknya karena topan ini.

Dijelaskan jika topan ke-15 yang menerjang Filipina selama tahun ini, dapat menerjang daratan dengan kecepatan maximum sampai 305 km. /jam. Dari Filipina, topan Mangkhut akan berjalan mengarah China sisi selatan serta Vietnam.

“Hampir semua gedung yang ada disini rusak, atap terbang,” papar petinggi pemerintah untuk lokasi Tuguegarao, Rogelio Sending. Tuguegarao adalah ibu kota Propinsi Cagayan. “Tidak ada supply listrik … komunikasi juga terputus,” paparnya.

“Kami terima laporan jika banyak pohon rubuh serta tiang-tiang listrik ambruk serta memblok jalanan. Ini membuat operasi pembersihan begitu susah,” ucap Sending dalam pengakuannya.

“Mereka (otoritas ditempat) menyebutkan topan ini 2x lebih kuat dari topan paling akhir, itu kenapa kami takut. Kami sudah ambil hikmah awal mulanya. Air menggenangi atap rumah kami,” papar masyarakat ditempat, Myrna Parallah (53), mengacu pada topan yang menerjang tahun 2016.

Beberapa puluh ribu masyarakat sudah dievakuasi dari area-area pantai, selesai launching peringatan kekuatan gelombang laut setinggi 3-6 mtr.. Otoritas ditempat mengimbau masyarakat untuk masih berada didalam rumah semasing.

“Diantara semua topan (yang menerjang) selama tahun ini, yang satu ini (Mangkhut) adalah yang terkuat,” ucap prakirawan cuaca pada Tubuh Meteorologi Jepang (JMA).

“Ini ialah topan yang beringas. Topan ini membawa angin terkuat (dibanding dengan topan-topan yang lain selama tahun ini),” paparnya.

About admin